Selasa, 12 Januari 2010

Auto number in SQL Server 2000





Dalam membuat sebuah design table kita pasti membutuhkan sebuah field yang unik atau field sebagai primary key sebagai pembeda dengan data yang lainya. Permasalahanya terkadang kita membutuhkan sebuah field yang unik tersebut kita menginginkan table tersebut membuat datanya sendiri tanpa harus insert dari program atau aplikasi yang kita buat atau yang sering disebut Auto Number. Misalnya seperti data dibawah ini :










Nnnahhh…… dari data diatas kita menginginkan isi dari field IDNumber tercreate sendiri tanpa harus insert dari program atau aplikasi. Bagaimana caranya, disini saya hanya menyampaikan apa yang saya tahu saja, saya kan juga masih belajar kalo ada salahnya ya mohon maap….hehehehe…. istilahnya mari kita saling sharing info yang kita dapat…betul tidak???heheheh..


Jangan kawatir caranya sangat mudah sekali, karena SQL server 2000 sudah memberikan fasilitas untuk membuat isi dari sebuah field menjadi Auto Number alias membuat data sendiri sesuai dengan row yang kita masukkan. Caranya adalah sbb :


Masuk kedalam window Disgn Table :



















Pilih field mana yang ingin dibuat Auto Number, ingat type data dari field yang dibuat auto number harus berjenis numeric. Setlah dipilih ubah dari property yang saya beri tanda merah diatas,


Identity = yes


Identity Seed = 1


Identity Increment = 1


Identity Increment disini fungsinya untuk kelipatan data yang akan dicreate, apabila diisi 2 maka data yang terisi adalah kelipatan 2, diisi 3 maka kelipatan 3 dan seterusnya……nanti kl tak teruskan bisa ribuan halaman hehehehehehe..


Setelah proses tersebut diatas simpan table yang telah dibuat, nnnaaaahhh…….waktunya mencoba, sekarang silahkan disikan datanya. Ingat field yang telah diformat sebagai Auto Number tidak dapat diisi karena field tersebut akan tersisi sendiri sesuai dengan format yang anda buat tadi. Jadilah field Auto Number, sobat semua tidak perlu insert data dari aplikasi / program yang anda buat karena field tersebut akan terisi dengan jumlah row yang diinsert.


Apabila ada salah satu data/row yang di hapus, isi dari Field tersebut akan melanjutkan jumlah sesuai dengan jumlah data/Row yang terkahir, misal ada data 1,2,3,4,5,6,7,8 apabila data yang ke 2 dihapus, maka data selanjutnya akan melanjutkan data/row yang terakhir, datanya akan menjadi 1,3,4,5,6,7,8,9 dan seterusnya. Data yang ke 2 akan hilang loncat langsung ke data 3.


Silahkan mencoba……









Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Auto number in SQL Server 2000"

Posting Komentar