Kamis, 21 Januari 2010

Membuat Report Pada Visual Basic Menggunakan Koneksi ADO

OK…sobat semua. Setelah pada postingan saya sebelumnya Menampilkan Report dengan Crystal Report Menggunakan ADO, sekarang mari kita bahas bagaimana caranya memasukkannya kedalam program/Aplikasi. Disini saya menggunakan visual basic 6.0, jadi pertama sobat harus install VB 6 dan masuk kedalam aplikasi. Setelah dibuka program VBnya, click Project >> Add Criystal Report 8.5 (karena disini saya menggunakan CR 8.5), ato kalo dimenu project tidak ada maka Click Project >> More ActiveX Designers >> Add Criystal Report 8.5. maka akan muncul form seperti ini :

Photobucket

Nahh…dari form diatas pilih Form an Exiting Report, jadi sebelumnya sobat harus buat reportnya dulu di crystal report kemudian kita ambil ke VB 6. setelah muncul form diatas click OK, dan ambil reportnya dimana sobat menyimpanya.Click Open, kemudian muncul Form ini :

Photobucket

Click OK,Maka akan muncul dua form pada visual basic, form Designer dan Form untuk CRViewer atau form untuk menampilkan laporan dari designer. Setelah proses diatas selesei, sekarang kita isi coding yang ada pada form CRViewrnya, Bentuk laporan yang akan saya tampilkan adalah seperti ini :

Photobucket

Data dari laporan tersebut saya ambil dari database Nortwhin dengan dari query Invoice yang ada pada SQL Server, Nahh…sekarang kembali ke coding, kita isi coding pada from CRViewernya bukan Form Designer. Codingnya kurang lebih seperti ini :

Dim Report As New dLaporan
Dim conn As New ADODB.Connection
Dim rec As New ADODB.Recordset
Dim comm As New ADODB.Command


Private Sub Form_Load()
Screen.MousePointer = vbHourglass


Set conn = Nothing


conn.Open "Provider=SQLOLEDB.1;Integrated Security=SSPI;Persist Security Info=False;Initial Catalog=Northwind;Data Source=(local)"


Set comm = New ADODB.Command


With comm
.ActiveConnection = conn
.CommandType = adCmdText
.CommandText = "set dateformat dmy select * from Invoices where OrderDate >= '" & fMenu.DTPicker1.Value & "' and OrderDate <= '" & fMenu.DTPicker2.Value & "'"
.Execute
End With


Set rec = New ADODB.Recordset
rec.Open comm
Report.DiscardSavedData
Report.Database.SetDataSource rec



CRViewer1.ReportSource = Report
CRViewer1.ViewReport
Screen.MousePointer = vbDefault
End Sub


Private Sub Form_Resize()
CRViewer1.Top = 0
CRViewer1.Left = 0
CRViewer1.Height = ScaleHeight
CRViewer1.Width = ScaleWidth
End Sub


Nahh…perahtikan code yang saya warna merah, disitu letakn enaknya menggunakan ADO, kita bisa menggunakan koneksi command. Sehingga kita bisa langsung select pada source laporan dari database dengan criteria yang kita inginkan, bahkan kita bisa menggunakan store procedure di SQL server untuk menampilkan laporan. Apabila sobat masih bingung dengan semuanya yang ada diatas tadi bisa download disini untuk contohnya, nanti bisa dipelajari dan diutek-utek sendiri ma sobat-sobat semua, biar tambah mudah dimengerti.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Membuat Report Pada Visual Basic Menggunakan Koneksi ADO"

Posting Komentar