Rabu, 13 Januari 2010

Mengatasi Error Timeout expired


 Gimana kabar teman-teman suma…semoga sehat dan baik selalu aminnnn…. Postingan saya kali ini mungkin mengandung sedikit curhat hehehehe….
Ketika saya mendevelope sebuah program menggunakan database SQL server dengan Developer Visual Basic 6, saya pernah mengalami kejadian error dengan keterangan Time Out Expired. Ketika itu program sedang melakukan proses perhitungan persediaan yang datanya lumayan banyak, tiba-tiba program hang dan munculah error tersebut. Waktu itu saya berfikir mungkin karena banyak program yang jalan yang sedang mengakses server, saya matikan lah program-program disemua computer yang sedang mengakses server. Kemudian saya lakukan proses perhitungan lagi malalui program yang telah saya buat, eh…tenyata error lagi. Saya mencoba sampai berkali-kali akhirnya bisa. Namun dengan berjalannya waktu tiba-tiba error tersebut muncul kembali. Jadi pusing lah saya hehehehhee…saya browsing kesana kemari sama sekali belum mendapat kan hasil yang memuaskan.
Sampailah pada suatu saat teman saya bilang mungkin cursorlocation dari coneksinya belum di set. Akhirnya saya set cursorlocation dari koneksi database dan hasilnya sungguh melegakan. Kurang lebih coding nya sebagai berikut. Saya menggunakan VB 6 :

Dbs.CursorLocation = adUseClient

Dbs disini adalah variable koneksi kedatabase yang sudah saya deklarasikan sebalumnya. Coding tersebut diatas saya pasang setelah koneksi database saya buka.

Dbs.Open "Provider=SQLOLEDB.1;Password=;Persist Security Info=True;User ID=;Initial Catalog=master;Data Source=

Setelah coding tersebut diatas saya set cursornya, jadi seperti ini

Dbs.Open "Provider=SQLOLEDB.1;Password=;Persist Security Info=True;User ID=;Initial Catalog=master;Data Source=
Dbs.CursorLocation = adUseClient

Setelah saya pasang coding diatas, error yang pernah muncul tersebut tidak pernah muncul lagi. Bahagialah saya…….hehehehe.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Mengatasi Error Timeout expired"

Posting Komentar