Selasa, 12 Januari 2010

Store Procedure in SQL Server 2000




Sekarang mari kita sama-sama belajar Store Procedure, sebelumnya kita harus tau apa itu Store Procedure, ini menurut saya lo ya. Store itu penyimpanan alias dompet atau laci atau apa aja lah yang bisa dibuat unutk menyimpan, sedangkan procedure itu peraturan atau perintah, jadi strore prosedur itu peraturan yang harus menyimpan di dompet atau laci atau tempat penyimpanan hehehehehehe….bercanda sedikit masak gak boleh biar gak seteress eh salah stress maksudnya.

Ini serius nih sekarang, store procedure adalah suatu program yang terdapat pada SQL Server yang dapat dipanggi atau dieksekusi oleh program lain atau oleh SQL Prompt, nahhh…. itu menurut saya kalo salah saya minta maf dan tolong dibenarkan, saya juga sama-sama belajar.
Ketika membuat sebuah aplikasi pasti kita akan memanggil data atau menyimpan data yang kita butuhkan pada database, dan salah satu cara untuk memanggil data adalah dengan perintah query, baik itu select……….where…… atau dengan cara menggunakan index/seek data pada aplikasi yang telah kita buat. Sekarang permasalahnya bagaimana apabila kita mencari sebuah data dengan query yang panjang dan sedikit rumit atau pencarian data dengan sub query, pasti kita akan mengetikkan perintah yang panjang pada aplikasi yang akan kita buat. Masalahnya lagi pencarian data tersebut sering kita gunakan pada aplikasi, pasti akan menimbulkan banyak sekali coding yang dibuat, untuk mengatasinya gunkanlah Store procedure pada SQL Server yang akan kita panggil pada aplikasi, selain dapat digunakan untuk mencari data yang kita inginkan store procedure juga dapat digunakan untuk menampilkan laporan yang lebih fleksible dan stabil alias lebih cepat. Untuk menggunakan strore procedure pada laporan ada pada artikel saya yang lainnya.
Contoh store procedure ini saya ambil dari table employee, databse pubs. Sobat semua pasti sudah ada di SQL server masing-masing, karena database tersebut akan otomatis tercreate setiap install SQL Server 2000,







Contoh perintah diatas adalah untuk membuat store procedure pencarian data pada table employee berdasarkan variable @emp_id,@hiredate1, @hiredate2, dari contoh diatas sebelum melakukan pencarian terdapat kondisi apabila @emp_id = kosong maka melakukan perintah seleksi data berdasarkan hire_date apabila @emp_id = diisi maka melakukan seleksi berdasarkan emp_id. Untuk menjalankan perintah store procedure adalah sbb:






 Maka hasil dari perintah diatas adalah :








Perintah yang lainya





Maka hasil dari perintah diatas adalah :






Mudah sekali bukan, perintah select diatas bisa dimodifikasi sesuai dengan kenginan sobat, kemudian perintah untuk mengeksekusi setiap variable yang dideklarasikan harus dimasukkan kedalam perintah eksekusi store procedure. Jadi ketika sobat ingin mencari data berdasarkan emp_id sobat tidak usah memberi perintah yang panjang diaplikasi tinggal panggil saja store procedure diatas. Saya sudah membuktikan pada pembuatan aplikasi menggunakan store procedure hasilnya lebih cepat dan stabil.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Store Procedure in SQL Server 2000"

Posting Komentar