Selasa, 12 Januari 2010

Membuat Formula di SQL Server 2000










Bagaimana kabar sobat-sobat semua?....semoga tetap semangat dan keep forward hehehehe….(padahal artinya ja aku gak ngerti apa itu keep forwad, Cuma habis dari liat pilm ada dialog keep forward trus tak tulis ja di blog)..
Kali ini mari kita sama-sama belajar bagaimana membuat formula di dalam SQL Server 2000, jangan salah SQL server juga bisa diisi formula seperti pada Excel tapi hanya formula sederhana tidak seperti di Excel yang bisa diisi dengan formula fungsi kondisi dan perhitungan yang rumit. Tapi di SQL server ada Query,Store procedure yang lebih canggih dibanding Excel yang bisa membuat rambut rontok dan susah tumbuh hehehehehehe….gak papa tapi tetap kita harus keep forward.
Yuk langsung saja bagaimana cara membuat formulanya adalah sbb :












Dari contoh data diatas Field Total adalah hasil perkalian dari Qty * Harga, perkalian tersebut dihasilkan dari formula yang telah disetting sebelumnya, sehingga ketika insert data pada aplikasi/program kita tidak perlu melakukan proses perkalian, biarkan SQL Sever yang melakukan perkalian tersebut, sehingga dapat mempercepat proses pengiriman data dari Client ke Server, yang pasti servernya yang akan bekerja, tapi paling tidak yang namanya server pasti adalah computer yang memiliki kemampuan lebih tinggi dari Client.
Untuk melakukan setting formula masuk kedalam window disgn table :





















Caranya mudah sekali, sambil tidur sobat semua pasti bisa, pada properties Formula isikan formula yang diingikan, pada contoh saya diiatas saya isikan Formula Qty*Harga pada Filed Total, sehingga nantinya pada field total akan tersisi dengan sendirinya data hasil dari perkalian Qty*Harga. Ingat field yang telah disetting untuk formula tidak dapat diisert data karena SQL Server akan mengisikan sendiri datanya dengan setting formula yang telah kita isi.
Formula yang diisi tidak hanya perkalian bisa pembagian atau penggabungan antara perkalian dengan pembagian dan variable dari formula yang diisikan bisa berasal dari banyak filed yang terdapat pada table tersebut, menyenangkan sekali bukan kita tidak perlu repot membuat perhitungan pada aplikasi/program biarkan SQL Server yang bekerja hehehehehe…
Cara yang diatas sangat memudahkan bagi sobat yang akan membuat aplikasi perhitungan Hutang/Piutang misalnya untuk mengetahui saldo yang akan dibayarkan, meskipun pada dasarnya cara diatas bisa diterapkan menggunakan query.Tapi paling tidak kita tidak perlu lagi membuat query perhitungan.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

4 comments: on "Membuat Formula di SQL Server 2000"

Erwin Budiantoro mengatakan...

klo di phpmyadmin ada caranya gak gan ?

Adit/Lee'dS mengatakan...

Thanks gan..

Unknown mengatakan...

kalo antar 2 table gimana bos

Gopal mengatakan...

thanks gan infonya bantu banget

Posting Komentar